Rabu, 26 Maret 2014

MACAM-MACAM JUDUL & LEAD (TERAS BERITA)



TUGAS DASAR DASAR JURNALISTIK
“MACAM – MACAM JUDUL & LEAD”

NAMA                        : DINA YULIANTI
KELAS / NPM            : C / 10080013119

A.     MACAM – MACAM JUDUL
·        Striking Statement
-         Pesawat Malaysia   Hilang
-         Melahirkan Anak JIN
-         Sara dibunuh Mantan Pacarnya
·        Provocative Statement
-         Anak Hilang di Metropolitan Mall
-         Menelusuri Kehidupan di Luar Angkasa
-         Jual Murah Tiket Konser Taylor Swift
·        Pertanyaan
-         Benarkan Ada Kehidupan di Luar Angkasa?
-         Apakah Benar Ustad Guntur Bumi Melakukan Malpraktek?
-         Siapakah Presiden Indonesia Tahun Ini?
·        Label
-         Tentang Kehidupan di Luar Angkasa
-         Air Bersih Yang Kembali Langka
-         Handphone Blackberry Turun Harga





B.     MACAM – MACAM LEAD
·        Lead Rangkuman
-         Berkat kepiawaian dalam bermain Angklung, Dina Yulianti, siswi kelas IX SMPN 1 Karawang di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, meraih gelar “Best Angklung Player” pada “The 12th July Padaeng Angklung’s Music Festival 2009”, di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
-         Mayat Korban yang bernama Laluna Permatasari ditemukan di pinggir Tol Bintara KM 43 pada hari Rabu, 10 Februari 2013. Laluna meninggal karena dibunuh mantan pacarnya yang bernama Hafiz dengan alasan Laluna yang lost-contact dan Hafiz yang masih menaruh dendam kepada Laluna, tega menyiksa Laluna hingga tidak bernyawa.
-         Dengan suara emasnya Ariana Grande yang menjadi Trending Topic World Wide kali ini berhasil menyabet Piala bergengsi Grammy Award tahun ini yaitu pada tanggal 14 Februari 2014 karena top single nya yang berjudul “Almost Is Never Enough”.
·        Lead Anti-Klimaks
-         Sesil Conceta  (30) sedang memukau ratusan penonton dalam atraksi akrobatik pada ketinggian sekitar 10 meter dalam sebuah pertunjukan sirkus di Spanyol pada hari Minggu, kemudian ketika Sesil memberikan atraksi kembali tiba-tiba ia terhempas jatuh dan menemui ajal.
-         Michael Jackson Artis Top yang digemari semua masyarakat dunia ketika pulang dari Konser nya ia dikabarkan meninggal karena over dosis obat-obatan terlarang. Ia ditemukan sudah tak bernyawa di kamar mandi rumahnya pada hari Minggu, 10 Juni 2010.
-         Fadly yang kerap disapa teman-temannya sedang asyik makan sop tulang iga bersama pacarnya. Kemudian, ketika sedang asyik memakan tulang nya, Fadly tidak sengaja menelan tulang iga dan tulang iga itu pun tersangkut di kerongkongan nya. Akhirnya, ia dibawa ke RS Hasan Sadikin, Bandung oleh pacaranya pada hari Minggu, 16 Maret 2014 pekan kemarin.
·        Lead Kalimat Kutipan
-         “Ini bekas gigitan Laluna” jawab Hafiz yang panik ketika sedang di introgasi oleh Polisi perihal luka ditangan nya. Karena sikap Hafiz yang panik polisi semakin yakin bahwa Hafiz lah yang membunuh Laluna Permatasari. Kemudian, introgasi semakin panjang dan Polisi memeriksa rumah Hafiz untuk menemukan bukti-bukti yang baru.
-         “Dari dulu aku bercita-cita ingin menjadi pengusaha dan pastinya mudah-mudahan karirku kelak bisa lebih baik dari papahku dan bisa membanggakan orangtuaku.” Ungkap Dina usai mengisi acara pada pelaksanaan Konfrensi Cabang PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Perwakilan Karawang di kantor PWI, Rabu (31/10) lalu.
-         “Saya tidak melalukan malpraktek dan Saya tidak pernah memeras harta dari pasien-pasien saya” ucap Ustad Guntur Bumi menepis anggapan pers bahwa dia telah melakukan mal praktek.
·        Lead Kalimat Pendek
-         Tragis! Demikian nasib bocah Irak berusia 13 tahun itu. Bukan sekedar kehilangan kedua orang tuanya dalam perang yang melanda negerinya, tetapi dia juga kehilangan kedua lengannya.
-         Hilang! Senyuman yang hilang dari semua masyarakat yang tinggal di Riau. Riau kini tak lagi seperti dulu. Riau sekarang dipenuhi asap dan menyiksa seluruh masyarakatnya. Hari demi hari asap itu pun menelan banyak nyawa.
-         Tragis! Meninggalnya Laluna Permatasari karena dibunuh oleh mantan pacarnya sendiri yang bernama Hafiz. Laluna disiksa kemudian dibuang di pinggir Tol Bintara KM 43.
·        Lead Kalimat Tanya
-         Apa yang menjadi penyebab utama Hafiz membunuh mantan pacarnya? Sangat tidak disangka penyiksaan dan pembunuhan Laluna ini dilakukan oleh Hafiz yaitu mantan pacarnya Laluna sendiri. Polisi hingga saat ini masih menahan Hafiz untuk diintrogasi.
-         Kemana raibnya pupuk? Menjelang musim tanam kali ini, seperti tahun-tahun sebelumnya, pupuk menjadi langka dan mahal, meskipun pemerintah melalui Departemen Perindustrian dan Perdagangan terus berupaya memperbaiki tata niaga pupuk.
-         Sampai kapan Banjir melanda ibu kota? Masyarakat Jakarta kesusahan untuk beraktivitas karena banjir masih melanda di daerah ibu kota. Masyarakat berlomba-lomba untuk mengungsi karena pertolongan pun masih susah didapatkan.
·        Lead Kontras
-         Pemerintah melalui Menteri Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri baru saja menggencarkan ajakan gemar makan ikan kepada masyarakat, namun kini ribuan ikan di Teluk Jakarta mati dengan sebab yang belum diketahui.
-         Seni lukis modern, Grafitti, kini ditekuni Nur Muhammad Abdul Hafizh. Salah seorang anggota Komunitas Karawang Grafitti Forum (KGF) yang memiliki bakat dan potensi seni lukis bergaya modern di usianya yang terbilang muda (17 tahun). Namun, kini Hafizh belum bisa memainkan bakatnya lagi karena mengalami kecelakaan pada tangannya.
-         Kemajuan teknologi modern yang serba praktis dan mudah memberi dampak postif bagi manusia yang memerlukan informasi. Tetapi, banyak juga yang akhirnya membuat manusia menjadi manja dan malas bergerak. Akibatnya, di beberapa negara maju banyak warganya yang menderita penyakit jantung, darah tinggi, stroke dan juga stres.
·        Lead Analogi
-         OLAHRAGA adalah aktivitas yang sangat penting dan bermanfaat bagi manusia, dalam upaya mencapai derajat dengan pola hidup sehat, seperti tidak merokok, tidak mengonsumsi banyak makanan berlemak, tidak menenggak minuman beralkohol dan cukup istirahat.
-         Dulu ada Gepeto yangmenciptakan boneka kayu Pinokio sebagai pengusir kesepiannya, kini ada Taufik yang mengubah bilah kayu menjadi gitar, alat musik yang membuatnya menjadi perajin terkenal dan kaya.
-         Hollywood memiliki Artis Lady Gaga yang serba nyentrik dan selalu memiki perubahan-perubahan setiap ia tampil di layar kaca. Di Indonesia pun memiliki Syahrini, sang Diva ini selalu tampil nyentrik dan gaya nya menjadi trend untuk fashion masa kini.
·        Lead Deskriptif
-         Jakarta-Bertempat di Chatter Box Plaza Senayan, Sabtu (4/8) Indosat area Botabek menggelar nonton bareng dan buka bersama Duta DGM & Mobac IM3 Botabek 2012. Dalam kesempatan tersebut sejumlah perwakilan duta Indosat dari Sales Area (SA) Bogor, Tanggerang, Bekasi, dan Karawang (Botabek) serta media dari area yang sama berbaur mengikuti berbagai acara yang dilaksanakan hari itu.
-         Tidur beralaskan kardus kardus bekas, pencahayaan yang kurang, sampah-sampah yang berserakan dimana-mana serta susahnya air itulah yang dirasakan oleh para penghuni kolong jembatan pasupati, Bandung.
-         Dengan duduk beralas tikar yang dibentangkan di tempat pejalan kaki, terlindung dari terik matahari di bawah pepohonan,sejumlah murid SD Negeri 22 Rawamangun, Jakarta, tetap bersemangat untuk belajar, meskipun terusir dari sekolah.
·        Lead Bermuka Dua
-         Bandung yang dikenal sebagai Ibu Kota Priangan, yang dahulu bersih dan sejuk. Bandung yang dahulu bukanlah Bandung yang sekarang. Sekarang berubah menjadi gersang dan berserakan sampah.
-         Lebih dari 30 tahun yang lau, yang digunakan untuk memotret adalah kamera kodak. Sekarang dunia photography semakin maju dan berkembang, ada kamera digital, polaroid, dan sebagainya.
-         Kualitas seorang artis dahulu jauh lebih baik dibandingkan sekarang. Memang kreativitas sekarang lebih tinggi, tetapi, ketika jaman dulu tidak ada artis yang menciptakan sensasi untuk menjadikannya terkenal. Jaman sekarang, banyak artis yang aji mumpung dan hanya bisa menciptakan sensasi untuk menjadi terkenal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar